Home Mitos Tangga Raja Aragon di Bonifacio

Tangga Raja Aragon di Bonifacio

Tangga Raja Aragon di Bonifacio – Sejarah senantiasa lebih seru untuk disimak tatkala ‘ditaburi’ kisah-kisah heroik atau sensasional. Sayangnya, tidak semua kisah itu didasarkan atas fakta, sering kali cuma ‘bumbu penyedap’ yang ditambahkan, baik oleh rakyat atau pihak-pihak tertentu yang punya kepentingan atas peristiwa bersejarah.

Salah satu contoh peninggalan sejarah yang dibumbui kisah sensasional itu ialah Tangga Raja Aragon di Bonifacio, Prancis. Konon, tangga di ujung tebing berbatu itu digali oleh pasukan Raja Aragon Alfonso V hanya dalam satu malam, ketika dia diserang dan dikepung pemberontak Genoa pada 1420-an.

Bagaimanapun, penjelasan tersebut tidak sepenuhnya benar. Aragon V memang berhasil kabur dari kepungan melalui tangga, namun itu tidak dibuat dalam satu malam. Adalah para biarawan Fransiskan yang membuat tangga, jauh sebelum Aragon V memijakkan kaki di Bonifacio.

Begitu pula dengan nama tangga, kurang layak sebetulnya disebut ‘Tangga Raja Aragon’. Sekalipun memang, nama tersebut terdengar lebih keren, ya?

Sumber: Bonifacio | Sardinia and Corsica from the Mid-Twelfth to the Early Fourteenth Century (Marco Tangheroni)

Leave a Reply