Membanggakan! LP2DH Kembali Meraih Kemenangan

FISIP Competition merupakan lomba debat Sosial Politik yang pertama kali diadakan oleh BEM FISIP ULM tahun 2018. Lomba ini diadakan pada tanggal 14-15 November lalu, dimana pada tanggal 14 November merupakan babak penyisihan dan tanggal 15 November adalah babak semifinal sekaligus final.

Lomba ini diikuti oleh beberapa universitas di Kalimantan Selatan seperti UIN Antasari Banjarmasin, Politeknik Tanah Laut, dan banyak juga dari fakultas-fakultas di Universitas Lambung Mangkurat.

Tidak ketinggalan, Fakultas Hukum ULM juga mengirimkan perwakilannya, yaitu tiga Mahasiswi yang merupakan anggota aktif dari UKM LP2DH FH ULM. Mereka adalah Firdha Nur Azizziyah Ishaq, Irene Meuthia Putri, dan Oktarina Sarare.

Tidak disangka-sangka tim dari Fakultas Hukum berhasil meraih juara pertama dalam lomba debat Sosial Politik yang baru pertama kali diadakan tahun ini tersebut.

“Dari kami sangat tidak menyangka, karena setelah final kami meyakinkan diri kami masing-masing bahwa ‘juara 2 bukan suatu hal yg buruk, asalkan membawa pulang piala’. Kami mengira kami akan juara 2, karena tim lawan selalu menjadi tim yg nilainya tertinggi. Ditambah lagi, sistem Debat Hukum dengan Debat Sosial Politik sangat beda, dalam argumen kami dilarang membawa materi dari Undang-Undang, dilarang berbicara mengenai HAM, bahkan tidak diperbolehkan membawa Konstitusi. Hingga kami mengubah konsep berdebat sesuai sistem debat yg diinginkan para juri. Saya pribadi sempat kaku karna terbiasa berbicara dengan dasar Undang-undang, HAM, dan Konstitusi. Sedangkan pada kompetisi ini harus berbicara penuh mengenai sosiologis,” ucap Oktarina.

“Tim kami sudah terbentuk sejak bulan Juli, diseleksi oleh dosen Fakultas Hukum ULM yg disiapkan untuk menjadi delegasi dari ULM untuk Debat Hukum skala Nasional. Tapi eventnya ada di tahun depan, sebagai ajang pemanasan, jadi kami ikut lomba yang regional dulu untuk mengasah kemampuan kami.” Tutupnya.

Selamat kepada Tim Debat LP2DH atas kemenangan yang telah diraih. Tetap semangat dalam mengukir prestasi.

#peristiwanews

Peliput : Amalia Hamimah & Michaellia

Editor : Ales

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version