8 Juta Vaksin Sinovac Akan Tiba di Indonesia Besok

Peristiwa.info – Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN), Airlangga Hartarto mengatakan 8 juta dosis vaksin Sinovac akan tiba lagi di Indonesia pada Selasa besok.

“Selanjutnya akan tiba besok sebanyak 8 juta dosis bulk vaksin Sinovac, sehingga total vaksin yang sudah kita terima adalah 83,9 juta dosis,” kata Airlangga dalam konferensi pers virtual, Senin. Airlangga menyampaikan hingga saat ini cakupan vaksinasi yang dilaksanakan pemerintah telah mencapai 24,81 juta dosis vaksin. Jumlah itu merupakan akumulasi vaksinasi untuk tahap pertama dan kedua. “Tahap pertama 14,93 dan tahap kedua 9,88 juta,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono mengatakan, pemerintah akan meningkatkan proses vaksinasi pasca lebaran Idulfitri. Ia menjelaskan, proses vaksinasi pernah mencapai 500 ribu suntikan per hari. “Mudah-mudahan kita bisa mencapai 1 juta suntikan per hari dalam waktu dekat,” ucapnya.

Beberapa cara yang akan digunakan untuk meningkatkan vaksinasi adalah menyederhanakan meja dari 4 menjadi 2 meja. “Kemudian bantuan vaksinasi Gotong Royong yang sudah dimulai beberapa waktu yang lalu, dan terakhir kita memulai tahap ketiga vaksinasi,” ucap dia. Pemerintah telah melakukan pengadaan beberapa vaksin melalui jalur bilateral untuk program vaksinasi nasional yaitu AstraZeneca, Novavax dari Serum Institute India, dan Pfizer untuk pengiriman bertahap pada 2021. Adapun untuk vaksin gotong royong telah diperoleh komitmen beberapa jenis vaksin, yaitu Sinopharm, Sputnik V, produksi lokal vaksin CanSino, dan Anhui Zhifei Longcom.

Sumber: CNNIndonesia.com

Peliput: Ahmad Sayuti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version